A.K.Nasution

A.K.Nasution

Kamis, 12 November 2009

manfaat di balik haramnya Babi

Oleh: Abey Khoir Nasution.

MANFAAT DI BALIK HARAMNYA BABI

Babi adalah jenis hewan ungulata yang memiliki muncung panjang, hidung yang lepes dan merupakan hewan yang aslinya berasal dari Eurasia. Babi adalah omnivora, yaitu hewan yang mengkonsumsi baik daging dan tumbuh-tumbuhan. Selain tersebut di atas, babi adalah salah satu mamalia yang paling pintar dibandingkan dengan anjing dan kucing, dan kabarnya lebih mudah untuk dipelihara. Namun, di balik kepintaran hewan yang tidak memiliki leher ini, babi adalah hewan yang paling-paling jorok dan kotor, karena babi suka memakan bangkai dan kotoran manusia. Parahnya lagi, hewan ini juga memakan kotorannya sendiri. Babi suka berada di tempat-tempat yang jorok, kotor, lembab dan babi termasuk hewan yang tidak tahan terhadap sinar matahari serta hewan yang paling rakus, namun pemalas dan tidak suka bekerja mencari makanannya. Hewan yang suka dengan sejenis dan tidak pecemburu ini, adalah hewan yang kerakusannya dalam makan tidak tertandingi hewan lain. Babi memakan semua makanan yang ada di hadapannya, setelah perutnya penuh atau makanannya telah habis, ia akan memuntahkan isi perutnya dan memakannya kembali, untuk memuaskan kerakusannya. Babi juga hewan mamalia satu-satunya yang mengkonsumsi tanah dalam jumlah yang tidak sedikit, terkadang ia juga mengencingi kotorannya dan memakannya jika berada di hadapannya, babi juga memakan sampah yang busuk dan kotoran hewan lainnya.
Dalam bahasa arab, babi dikenal dengan sebutan “khinzir”. Al-Qur`an, yang merupakan kitab suci umat Islam melarang menyentuh apalagi mengkonsumsi babi. Babi hukumnya najis jika disentuh dan haram untuk dikonsumsi oleh umat Islam. Kalangan Kristen juga mengharamkan babi untuk dikonsumsi dalam agama Yahudi dan Gereja Advent hari ketujuh. Banyak ayat-ayat dalam Al-Qur`an yang jelas dan terang menyatakan haramnya babi untuk keperluan apapun, terlebih-lebih jika dikonsumsi. Antara lain dapat lihat Al-Qur`an Surat Al-Baqarah (2): ayat 173, Surat Al-Ma`idah (5): ayat 3, Surat Al-An`am (6): ayat 145 dan selanjutnya Surat An-Nahl (16): ayat 115.
Pantaslah kiranya Allah Swt mengharamkan babi, lihat saja cara ia menghidupi kebutuhannya berbeda sekali dengan kebanyakan hewan lain. Juga banyak yang mengatakan bahwa daging babi terlalu tinggi mengandung zat-zat yang berbahaya bagi tubuh manusia, karena makannya tidak terkontrol. Apa saja di makannya, sehingga tubuhnya pun mengandung segala jenis penyakit.
DR Murad Hoffman, Daniel S Shapiro, MD, seorang Pengarah Clinical Microbiology Laboratories, Boston Medical Center, Massachusetts, dan juga merupakan asisten Profesor di Pathology and Laboratory Medicine, Boston University School of Medicine, Massachusetts, Amerika menyatakan terdapat lebih dari 25 penyakit yang bisa dijangkiti dari babi. Di antaranya: Anthrax, Ascaris suum, Botulism, Brucella suis, Cryptosporidiosis, Entamoeba polecki, Erysipelothrix shusiopathiae, Flavobacterium group IIb-like bacteria, Influenza, Leptospirosis, Pasteurella aerogenes, Pasteurella multocida, Pigbel, Rabies, Salmonella cholerae-suis, Salmonellosis, Sarcosporidiosis, Scabies, Streptococcus dysgalactiae (group L), Streptococcus milleri, Streptococcus suis type 2 (group R), Swine vesicular disease, Taenia solium, Trichinella spiralis, Yersinia enterocolitica dan Yersinia pseudotuberculosis. (http://id.wikipedia.org/wiki/Babi).
Dari banyak kelemahan dan kekurangan-kekurangan hewan babi ini, pasti ada sedikit bahkan mungkin ada banyak manfaat yang terdapat pada hewan jenis ungulata ini. Seperti halnya Allah Swt menciptakan segala sesuatu itu berpasang-pasangan, ada siang dan malam, ada cantik dan jelek, ada laki-laki ada perempuan, ada baik ada buruk, ada kurang ada tambah dan ada haram ada halal serta lain sebagainya. Begitu juga halnya dengan hewan babi, tidak selamanya ia tidak bermanfaat. Sebab, kalaupun hewan babi itu tidaklah bermanfaat, untuk apa Allah Swt menciptakannya tanpa ada maksud dan tujuan. Apalagi babi termasuk hewan yang paling sering disebut Allah Swt dalam firmanNya, karena hanya sedikit sekali hewan yang namanya tercantum dalam Al-Qur`an. Di antaranya, Babi, Nyamuk, Lebah, Anjing, Domba (Kambing) dan lainnya. Pernahkah kita umat Islam berpikir, mengapa babi yang begitu banyak mengandung penyakit karena kerakusannya mengkonsumsi segala bentuk yang ada di hadapannya, jorok, kotor dan pemalas ini diharamkan Allah Swt sampai beberapa ayat dalam surat yang berlainan? Bukannya satu ayat saja sudah cukup? Jawabannya untuk saat ini mungkin belum ada, namun yakinlah suatu saat nanti hal ini akan terpecahkan. Sebab saat ini, hewan babi sudah sering sekali menjadi objek penelitian para ilmuan.
“Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan (binatang yang waktu menyembelihnya) disebut nama lain selain dari nama Allah. Tetapi barang siapa yang terpaksa (memakannya karena keadaan membahayakan), sedang ia tidak menginginkannya dan tidak pula melampaui batas (makan lebih dari yang diperlukan), maka tidaklah ia berdosa. Sesungguhuhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”, (QS. Al-Baqarah (2): ayat 173).
“Dilarang kamu memakan: 1. bangkai, 2. darah, 3. daging babi, 4. daging binatang yang disembelih dengan menyebut nama selain Allah, 5. daging binatang yang mati karena tercekik, 6. daging binatang yang mati karena dipukul (bukan disembelih), 7. daging binatang yang mati jatuh, 8. daging binatang yang mati karena ditanduk binatang lain (berkelahi), 9. daging binatang yang mati karena diterkam binatang buas, 10. daging binatang untuk persembahan kepada berhala. Juga diharankan bertenung (menentukan nasib) dengan anak panah. Perbuatan itu adalah fasik. Pada hari ini (hari haji wada`) orang-orang kafir telah putus asa untuk menghalangi agamamu. Janganlah kamu takut kepada mereka, takutlah kepada Aku saja. Pada hari ini (hari haji wada`) telah Aku sempurnakan bagimu agamamu dan sudah Aku cukupkan nikmat-Ku dan telah Aku ridai Islam menjadi agamamu. Barang siapa yang terpaksa (memakan daging yang diharamkan) karena kelaparan tanpa ingin berbuat dosa, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”, (QS. Al-Maa`idah (5): ayat 3).
“Katakanlah! Tiada aku peroleh dalam wahyu yang diturunkan kepadaku (makanan) yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali; 1. Mayat (bangkai), 2. Darah yang mengalir, 3. dan daging babi. Semua itu kotor. Atau 4. Kecuali makanan fasik yang disembelih dengan meyebut nama selain nama Allah. Barang siapa yang dalam keadaan terpaksa, bukan disengaja dan tidak pula melampaui batas, maka sesungguhnya Tuhanmu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”, (QS. Al-An`aam (6): ayat 145).
“Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan memakan: 1. bangkai, 2. darah, 3. daging babi dan 4. yang disembelih dengan menyebut nama selain dari Allah. Tetapi orang-orang yang dalam keadaan terpaksa (karena kelaparan dan tidak ada makanan lain) dengan tidak sengaja hendak memakan (yang dilarang itu) dan tidak pula melampaui batas (yang diperlukan), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”, (QS. An-Nahl (16): ayat 115).
Dari penjelasan ayat-ayat di atas, Allah Swt mengharamkan daging babi, namun Allah Swt juga membenarkan mengkonsumsi daging babi, walaupun ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, yaitu dalam keadaan terpaksa. Tentunya hal ini membuka akal pikiran kita sebagai manusia, kenapa Allah Swt mengharamkan babi, namun kenapa pula Allah Swt membolehkan mengkonsumsinya? Jawabannya adalah, saat ini banyak bagian-bagian dari hewan babi yang pernah dan masih menyumbangkan perannya dalam bidang kesehatan.
Dalam dunia farmasi, babi sering dijadikan sebagai model penelitian yang berkaitan dengan manusia, dikarenakan adanya kemiripan sistem penting dalam tubuhnya. Keterlibatan babi dalam industri farmasi ternyata cukup signifikan. Mulai dari cangkang kapsul baik sebagai kapsul lunak, penyumbang organ-organ tubuh dan hormon serta enzimnya. Berikut beberapa bagian dari hewan babi yang pernah dan atau masih menyumbangkan perannya dalam industri farmasi:
Kelenjar adrenal
Kelenjar ini terdapat pada ginjal. Kelenjar ini dapat menghasilkan hormon yang disebut sebagai steroid dan epinephrine. Hormon-hormon yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal babi pernah merupakan sumber penting yang digunakan untuk mengatasi beberapa penyakit yang disebabkan oleh ketidakseimbangan tubuh. Namun sekarang hormon-hormon tersebut sudah banyak diproduksi secara sintetis.


Kelenjar pancreas
Salah satu hormon yang dihasilkan oleh organ ini adalah insulin. Insulin sangat akrab dengan penderita diabetes. Insulin berfungsi untuk mengatur metabolisme gula dalam tubuh. Salah satu sumber insulin yang sudah tidak asing lagi digunakan dalam dunia kedokteran adalah insulin babi. Untuk menghasilkan 1 pound insulin didapatkan dari 60 ribu ekor babi serta diperkirakan mampu mengobati pasien diabetes sebanyak 750-1.000 orang selama setahun . Jika produksi babi pertahun sebanyak 85 juta maka insulin yang mampu dihasilkan selama setahun adalah 1.400 pound. Jumlah tersebut dapat mengobati pasien sebanyak 1, 050 juta–1,4 juta pertahunnya. Jumlah yang cukup spektakuler. Saat ini ada alternatif lain pengganti insulin seperti humulin yang walaupun lebih sedikit mahal, ternyata cukup diminati oleh pasien untuk mengganti hormon insulin babi.
Lambung
Lapisan dalam lambung mengandung protein dan enzim. Bagian ini secara komersial digunakan untuk memproduksi sejenis bahan untuk membantu pencernaan (digestive aids) dan antacid.
Usus halus
Heparin adalah bahan yang ditemukan secara ekslusif pada dinding dalam usus halus (babi). Heparin diklasifikasikan sebagai produk pharmaceutical yang esensial.
Jantung
Jantung babi digunakan untuk keperluan transplantasi untuk mengganti katup jantung yang sudah tidak berfungsi lagi. Katup jantung babi yang digunakan pada manusia, ternyata sangat minimal mengalami penolakan pada tubuh manusia. Hal ini menunjukkan bahwa banyak kemiripan system vital yang terjadi pada manusia dan babi.
Kulit
Kulit dalam bentuk gelatin digunakan dalam industri pembuatan kapsul. Selain itu kolagen yang merupakan bagian dari kulit digunakan untuk menstimulasi pembekuan darah selama operasi.
Darah
Fibrin darah yang diekstraks dari darah babi digunakan untuk membuat asam amino yang menjadi bagian dari cairan infus yang ditujukan untuk memberikan nutrisi bagi pasien yang mengalami beberapa operasi tertentu. Darah babi juga dipergunakan untuk keperluan media microbial dan kultur sel.
(http://www.halalguide.info/2009/04/14/babi-dalam-dunia-farmasi/).
Dari penjelasan singkat di atas, terjawab sudah manfaat di balik haramnya hewan babi yang dikenal sangat jorok, kotor dan pemalas serta rakus ini. yang pengharamannya disebutkan Allah Swt dalam firman-Nya yang tertulis dalam kitab suci Al-Qur`an, dimana disetiap penghujung ayat dari diharamkannya daging babi, Allah Swt juga membolehkan pemanfaatan atas hewan babi pula. Mungkin masih banyak lagi dan akan ada manfaat-manfaat lain yang dilahirkan dari hewan babi. Asal kita mau meneliti tentang ayat-ayat Al-Qur`an yang mengharamkan hewan babi, namun juga membolehkannya (kecuali), dengan keadaan terpaksa. Dengan mengambil objek penelitian langsung pada hewan babi tentunya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui bentuk dan karakteristik segala Mahkluk-Nya.
Mudah-mudahan tulisan sederhana ini bermanfaat bagi kita semua dan menjadi motivasi bagi kita yang haus akan makna-makna yang tersembunyi dari ayat-ayat Al-Qur`an. Komentar dapat dikirimkan melalaui E-mail:
abeynasution@yahoo.co.id.

2 komentar:

  1. Mari bergabung bersama ASIANBET77.COM Disini kami menyediakan berbagai macam jenis permainan betting online, seperti Taruhan Bola Online, Casino Online, Togel Online, Sabung Ayam Online dan masih banyak lagi game taruhan online lainnya....

    Pendaftaran gratis tidak dikenakan biaya apapun juga, minimal Deposit sangat ringan, hanya dengan Rp 100.000 saja anda sudah bisa bergabung bersama kami. ASIANBET77.COM bekerja sama dengan bank lokal yakni BCA, MANDIRI & BNI. Sehingga memudahkan anda untuk bertransaksi bersama kami.

    Customer service kami yang Ramah dan Profesional akan siap membantu anda selama 24 jam full, ayo segera daftarkan diri anda bersama kami ASIANBET77.COM. Dan dapatkan promo2 menarik dari kami.untuk keterangan lebih lanjut silahkan hubungi CS kami :

    YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    Wechat : asianbet_77
    sms center : +639052137234
    pin bb : 2B4BB06A

    BalasHapus
  2. www.indobet77.com

    Master Agen Bola , Casino , Tangkas , Togel Terbesar
    dan Terpercaya Pilihan Para Bettor

    Promo Terbaru :
    - Bonus  10% New Member Sportsbook
    - Bonus 5% New Member Casino Online
    - Bonus 10% Setiap Hari Bola Tangkas
    - CASHBACK untuk Member
    - BONUS REFERRAL 5% + 1% Seumur Hidup

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : indobet77_sb2@yahoo.com
    - EMAIL : indobet77@gmail.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7238
    - WECHAT : indobet77
    - SMS CENTER : +63 905 213 7238
    - PIN BB : 2B65A547 / 24CC5D0F

    Salam Admin ,
    http://indobet77.com/

    BalasHapus